Rabu, 30 Maret 2011

TIPS BELAJAR


BELAJAR ???



Ketahuilah Sesungguhnya kepunyaan Allahlah apa yang di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia mengetahui Keadaan yang kamu berada di dalamnya (sekarang). dan (mengetahui pula) hati (manusia) dikembalikan kepada-Nya, lalu diterangkan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. dan Allah Maha mengehui segala sesuatu. (An-Nur : 64)


BELAJAR ?? SISTEM KEBUT SEMALAM AJA LAH.......

Tentunya bukan cara working harder dalam mencapai hasil ujian, melainkan studying smarter untuk mencapai hasil yang optimal. Apalagi dalam zaman information overload seperti sekarang, di mana jumlah pengetahuan yang dapat dipelajari sudah melebihi kapasitas manusia untuk menyerapnya. Artinya dengan keterbatasan waktu, tenaga, ingatan dan kemampuan lainnya, kita perlu memberi prioritas pada strategi pembelajaran yang dapat memberi kita hasil yang maksimal dalam waktu yang terbatas.
Setiap orang memang unik, termasuk dalam cara dan strategi pembelajarannya. Semakin kita memahami keunikan, kekuatan dan kelemahan kita, semakin kita dapat belajar secara efektif. Berikut ini ada beberapa trik supaya belajar kita menjadi lebih efektif.

Percayalah selalu ada pertolongan Allah bagi hambanya yang pantang menyerah.
Ilmu adalah cahaya. Dengan terus mengingat Allah akan menambah kapasitas otak dan jiwa kita dalam menerima ilmu. Bacalah Bismillah setiap saat belajar dan ujian dimulai.

Perdekat antara hubungan mu dengan kakak tingkat. Ambil pengalaman baiknya dan buang kesalahan yang pernah dilakukannya..



1. Pelajari dasar-dasar peningkatan kemampuan ingatan.
Ada teknik-teknik tertentu yang dapat membantu kita untuk meningkatkan kemampuan mengingat, yang tentu saja akan bergantung pada daya ingat dan cara belajar seseorang. Beberapa hal yang bisa kita pelajari misalnya tehnik mind map, mnemonik dll.

2. Belajar dengan cara yang berbeda.
Jelas setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. Namun jika kita mau mempelajari cara belajar yang lain (visual, audio, kinestetik) ataupun metode pembelajaran yang lain, otak akan dapat menaruh informasi tersebut di beberapa tempat yang berbeda, yang akan memudahkan pemanggilan informasi tersebut3.
  
Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal.
Fungsi utama mengapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh menghapal 100% semua detail bahan kuliah, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah memahami semua materi yang diterima. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya.

4. Pilih suasana belajar yang nyaman
Waktu belajar yang paling nyaman adalah pada saat otak dan badan kita masih segar. Waktu pagi hari adalah saat yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. “Setiap individu mempunyai kebiasaan waktu belajar yang berbeda. Ada yang suka belajar di malam hari dalam suasana yang sepi atau pagi harinya.

5. Sediakan waktu untuk jeda istirahat.
Belajar boleh giat, tapi jangan terlalu over.

6. Gunakan ujian untuk meningkatkan pembelajaran
Ujian menolong kita untuk dapat mengingat informasi yang diujikan dalam jangka waktu yang lebih lama. Tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam memahami materi kuliah. “Yakinlah dan motivasilah diri anda dengan kata ‘aku bisa’ sehingga secara otomatis rasa percaya diri itu akan muncul,”
Terakhir, jangan mudah stress, usahakan belajar efektif di setiap kesempatan, dan berdoalah untuk mencapai hasil yang optimal. Masih banyak trik belajar efektif lain yang bisa diterapkan. Just do your best and good luck! (Bluepen-ania)

0 komentar:

Posting Komentar

Resources

Search