Sabtu, 26 Maret 2011

Jadwal Imunisasi terbaru IDAI 2010

JADWAL IMUNISASI TERBARU 2010

REKOMENDASI IDAI











Imunisasi memiliki arti yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Dengan imunisasi berarti kita telah melakukan investasi kesehatan masa depan karena pencegahan penyakit melalui imunisasi adalah salah satu cara yang paling efektif untuk perlindungan terhadap infeksi. Selain itu, imunisasi juga bisa dikatakan jauh lebih murah ketimbang mengobati seseorang yang telah jatuh sakit dan harus dirawat di pusat kesehatan.
Saat ini, organisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengeluarkan jadwal imunisasi 2010 yang menggantikan jadwal imunisasi sebelumnya tahun 2008.
Bagi anda yang sedang membutuhkan jadwal imunisasi terbaru tahun 2010 yang direkomendasikan IDAI dapat mendownload secara gratis pada link download di bawah tulisan ini.
Dan berikut adalah keterangan yang tertulis pada jadwal imunisai 2010 rekomendasi IDAI:
  • BCG:  Optimal diberikan pada umur 2 sampai 3 bulan. Bila vaksin BCG akan diberikan sesudah umur 3 bulan, perlu dilakukan uji tuberkulin. Bila uji tuberkulin pra-BCG tidak dimungkinkan, BCG dapat diberikan, namun harus diobservasi dalam 7 hari. Bila ada reaksi lokal cepat di tempat suntikan (accelerated local reaction), perlu dievaluasi lebih lanjut (diagnostik TB).
  • Hepatitis B: Pertama diberikan dalam waktu 12 jam setelah Iahir.
  • Polio: Diberikan saat kunjungan pertama. Bayi yang lahir di RB/RS diberikan vaksin OPV saat bayi dipulangkan untuk menghindari transmisi virus vaksin kepada bayi lain. Selanjutnya dapat diberikan vaksin OPV atau IPV.
  • DTP: Diberikan pada umur > 6 minggu. Dapat diberikan vaksin DTwP atau DTaP atau kombinasi dengan Hepatitis B atau Hib. Ulangan DTP umur 18 bulan dan 5 tahun. Program BIAS: disesuaikan dengan jadwal imunisasi Kementerian Kesehatan.
  • Campak: Diberikan pada umur 9 bulan, vaksin ulangan diberikanpada umur 5 — 7 tahun. Program BIAS : disesuaikan dengan jadwal imunisasi Kementerian Kesehatan.
  • Pneumococcus (PCV): Dapat diberikan pada umur 2,4,6, 12-15 bulan. Pada umur 7 —12 bulan, diberikan 2 kali dengan interval 2 bulan; ( PCV ) pada umur >1 tahun diberikan 1 kali, namun keduanya perlu dosis ulangan 1 kali pada umur 15 bulan atau minimal 2 bulan setelah dosis terakhir. Pada anak umur di atas 2 tahun PCV diberikan cukup satu kali.
  • Varicella: Dapat diberikan setelah umur 12 bulan, terbaik pada umur sebelum masuk sekolah dasar. Bila diberikan pada umur >12 tahun, perlu 2 dosis dengan interval minimal 4 minggu.
  • MMR: Dapat diberikan pada umur 12 bulan, apabila belum mendapat vaksin campak umur 9 bulan. Selanjutnya IMMR ulangan diberikan pada umur 5-7 tahun.
  • Influenza: Diberikan pada umur >= 6 bulan, setiap tahun. Pada umur < 9 tahun yang mendapat vaksin influenza pertama kalinya harus mendapat 2 dosis dengan interval minimal 4 minggu.
  • HPV: Jadwal vaksin HPV bivalen 0,1, 6 bulan; vaksin tetravalen 0, 2, 6 bulan. Dapat diberikan mulai umur 10 tahun.

untuk lebih jelasnya silakan download dengan klik gambar di bawah ini :







0 komentar:

Posting Komentar

Resources

Search