Sabtu, 26 Maret 2011

BUKU SAKU PELAYANAN KESEHATAN ANAK DI RUMAH SAKIT
REKOMENDASI IDAI



Buku Saku Pelayanan Kesehatan Anak di Rumah Sakit ini adalah adaptasi dari buku asli yang berjudul: WHO Pocket Book of Hospital Care for Children: Guidelines for the Management of Common Illnesses with Limited Resources tahun 2005 di bawah koordinasi Department of Child and Adolescent Health and Development WHO.
Proses terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia sendiri telah diadaptasi dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi rumah sakit rujukan tingkat pertama di Kabupaten/Kota di Indonesia, dengan melibatkan para pakar dari berbagai Unit Kerja Koordinasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorok, Spesialis Bedah Anak, Ahli Farmakologi serta berbagai pengelola program di lingkungan Departemen Kesehatan. WHO Indonesia bersama Direktorat Pelayanan Medik Spesialistik Departemen Kesehatan berlaku sebagai koordinator keseluruhan dari proses tersebut di atas. Buku ini juga dilengkapi dengan alat penilaian (assessment tool) kinerja pelayanan kesehatan anak di rumah sakit yang dicetak secara terpisah.
Buku Saku Pelayanan Kesehatan Anak di Rumah Sakit ini terutama ditujukan kepada para dokter, perawat, bidan dan petugas kesehatan lainnya yang bertanggung-jawab terhadap perawatan anak dirumah sakit rujukan tingkat pertama atau bahkan mungkin di puskesmas dengan fasilitas rawat inap di negara berkembang. Di dalam buku ini terdapat pedoman klinis terkini yang didasarkan pada suatu kajian ulang (review) terhadap bukti-bukti yang sudah dipublikasikan oleh parapakar dan telah di adaptasi oleh para ahli terkait di Indonesia, baik untuk perawatan rawat inap maupun rawat jalan di rumah sakit Kabupaten/Kota dengan fasilitas laboratorium terbatas dengan ketersediaan obat-obat esensial dan tidak mahal.
Pedoman ini tidak mencakup seluruh penyakit yang ada pada anak, akan tetapi difokuskan pada tatalaksana kasus rawat inap yang merupakan penyebab utama kematian anak, seperti pneumonia, diare, demam berdarah, gizi buruk, malaria, meningitis, campak, dan kondisi yang menyertainya. Didalamnya terdapat juga masalah neonatal dan masalah bedah pada anak, yang dapat ditangani di rumah sakit rujukan tingkat pertama.
Buku saku yang merupakan bagian dari suatu seri dokumen yang menunjang penerapanManajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) ini berisi beberapa bab pembahasan, yakni:
  • BAB 1. TRIASE & KONDISI GAWAT-DARURAT(PEDIATRI GAWAT DARURAT)
  • BAB 2. PENDEKATAN DIAGNOSIS PADA ANAK SAKIT
  • BAB 3. MASALAH-MASALAH BAYI BARU LAHIR DAN BAYI MUDA
  • BAB 4. BATUK DAN ATAU KESULITAN BERNAPAS
  • BAB 5. DIARE
  • BAB 6. DEMAM
  • BAB 7. GIZI BURUK
  • BAB 8. ANAK DENGAN HIV/AIDS
  • BAB 9. MASALAH BEDAH YANG SERING DIJUMPAI
  • BAB 10. PERAWATAN PENUNJANG
  • BAB 11. MEMANTAU KEMAJUAN ANAK
  • BAB 12. KONSELING DAN PEMULANGAN DARI RUMAH SAKIT
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca lebih lanjut Buku Saku Pelayanan Kesehatan Anak di Rumah Sakit di bawah ini.
Judul : Buku Saku Pelayanan Kesehatan Anak di Rumah Sakit
Judul (Versi Bahasa Inggris): WHO Pocket Book of Hospital Care for Children: Guidelines for the Management of Common Illnesses with Limited Resources
Penerbit : WHO Indonesia bekerjasama dengan Depkes RI dan IDAI, Jakarta
Tahun : 2009, 406 hal.
Ukuran File : 4,82MB
 KLIK GAMBAR DI BAWAH INI UNTUK EDISI INDONESIA...

EDISI BAHASA INGGRIS KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Resources

Search