Selasa, 07 Mei 2013

Tes hCG


    Test ini merupakan yang paling lazim dan banyak digunakan oleh para ibu. Karena selain mudah dan sederhana, test urine ini juga dapat dilakukan oleh sendiri tanpa perlu bantuan ahli.
Inti test kehamilan adalah untuk mengetahui kadar HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yaitu suatu hormon yg dihasilkan embrio saat terjadinya kehamilan yg akan meningkat dalam urin dan darah seminggu setelah konsepsi. Hormon tersebut dilepaskan ke dalam darah ibu yang mengalir mengitari ovum, lalu terbawa menuju indung telur. Hal tersebut mengakibatkan peningkatan progesterone yang berfungsi menahan haid berikutnya.
HCG mencapai tingkat produksi maksimum saat usia kehamilan 12 minggu, sementara plasenta berkembang dan mejadi lebih aktif. HCG dikeluarkan oleh ginjal ibu dan dapat dideteksi dalam daran dan urine, pada minggu-minggu awal kehamilan. Keberadaan hormon inilah yang menjadi dasar test kehamilan.
Bentuk alat tes kehamilan (test pack atau disebut juga tes sensitif) ada dua macam, yaitu strip dan compact. Bedanya, bentuk strip harus dicelupkan ke urine yang telah ditampung atau disentuhkan pada urine waktu buang air kecil. Untuk compact sudah ada tempat untuk menampung urine yang akan diteteskan.
Untuk Sensitif strip, urin pertama pagi hari di tampung pada wadah yang bersih dan kering. Buka kemasan alumunium foil, keluarkan strip. Celupkan strip ke dalam sampel urin sampai batas maksimum selama 1/2 menit.
Untuk Sensiti
f compact, sobek kemasan aluminium foil dan keluarkan Sensitif compact. Buka tutupnya dan pegang Sensitif compact ke arah urin saat buang air kecil. Pegang Sensitif compact dengan posisi ujung resapan menghadap ke bawah selama minimal 10 detik hingga kondisi ujung resapan cukup basah karena dialiri urin. Jangan membasahi jendela petunjuk hasil.
Pada Sensitif strip, hasil positif didapatkan 2 strip yang akan keluar dalam waktu 1-3 menit setelah melakukan tes. Hasil dapat muncul lebih lama jika kehamilan masih sangat dini dan sampel urin yang digunakan bukan urin pertama di pagi hari. Jangan membaca hasil setelah lebih dari 5 menit, karena dikhawatirkan akan timbul garis baru yang membingungkan.
Pada Sensiti
f compact, hasil akan keluar dalam waktu 3 menit. Jika dalam 3 menit garis merah belum muncul, tunggu 1 menit lagi. Hasil positif baru akan timbul 1 menit lebih lama tergantung dari banyaknya konsentrasi hormon hCG.

Jika hasil tidak muncul dalam 3 menit:
Pada Sensitif strip, hal ini dapat terjadi dikarenakan urin yang dicelup melebihi batas maksimal pada strip. Atau strip uji tidak langsung digunakan setelah bungkus dibuka. Lakukan lah kembali tes uji kehamilan dengan Sensitif strip yang baru. Untuk Sensitif compact, hal ini dapat terjadi karena ujung resapan kurang dibasahi urin. Sesuai dengan petunjuk pemakaian, urin dikucurkan minimal 10 detik langsung pada ujung resapan. Warna garis yang muncul tidak harus selalu sama. Warna dan ketebalan garis bervariasi mulai dari merah muda hingga ungu, tipis hingga tebal. Jika keduanya muncul, itu menandakan bahwa ibu hamil (positif). Ketebalan garis kedua disebabkan oleh banyaknya kadar hCG yang terditeksi pada urin. Apabila ragu, ulangi tes Sensitif beberapa hari kemudian. Pada Sensitif strip, hasil negatif ditandai dengan munculnya satu garis merah. Pada Sensitif compact, hasil negatif ditandai dengan hanya munculnya satu garis merah pada jendela kontrol (berbentuk bulat). Jika hasil tes menunjukkan negatif, artinya saat dilakukan tes, urin tidak mengandung hormon hCG dan menunjukan ibu tidak hamil. Ulangi lagi tes kehamilan beberapa waktu kemudian dengan Sensitif yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar

Resources

Search